Bakarat lucky six - Bakarat lucky six

Jadwal Ha「betvictor China」ri Tanpa Bayangan Indonesia, dari Sumatera hingga Papua Halaman 2

  • 时间:
  • 浏览:0

Akbetvictor Chinaibabetvictbetvictor Chinaor Chinatnya, bayangan akan jatubetvictor Chinah tegak lurus karena bertumpu pada benda itu sendiri.

Andi menambahkan, hari tanpa bayangan tidak memberikan dampak secara iklim ataupun cuaca.

Orang-orang membahasakannya menjadi bayangan yang hilang atau tanpa bayangan.

"Fenomena ini (hari tanpa bayangan) selalu terjadi dua kali setahun untuk kota-kota atau wilayah yang terletak di antara dua garis," kata Andi kepada Kompas.com, Sabtu (28/8/2021).

Dalam pemberitaan Kompas.com, Selasa (10/9/2019), Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo menjelaskan, hari tanpa bayangan adalah suatu hari bagi suatu tempat tertentu ketika manusia dan obyek lain yang berdiri tegak akan kehilangan bayang-bayangnya, manakala Matahari mencapai titik kulminasi atas (istiwa') atau mengalami kondisi transit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Untuk tahun ini, posisi Matahari di atas Indonesia yang pertama sudah terjadi sejak akhir Februari hingga awal April silam.

Sedangkan fenomena hari tanpa bayangan yang kedua akan terjadi antara tanggal 6 September hingga 21 Oktober mendatang.

Dengan lokasi geografis seperti ini, Matahari akan berada di atas Indonesia dua kali setahun.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Andi Pangerang mengatakan, posisi Matahari berada di atas Indonesia bukanlah sesuatu yang langka. Sebab, Indonesia terbentang dari 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan dan dibelah oleh garis khatulistiwa.

Baca juga: Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Indonesia Mulai Minggu Depan, Catat Daerah dan Waktunya