Bakarat lucky six - Bakarat lucky six

Mengenal Asam Jawa, Bumbu Dapur u「Lottery betting」ntuk Beri Rasa Asam pada Masakan

  • 时间:
  • 浏览:0

Saat masLottery bettingih muda, daging tLottLottery bettingery bettingersebut berwarna putih Lottery bettingkehijauan. Lalu, setelah matang, warnanya menjadi coklat tua.  

KOMPAS.com - Asam jawa merupakan salah satu pemberi rasa asam pada makanan. Umumnya, asam jawa digunakan untuk membumbui sayur asem atau asem-asem daging. 

Untuk mendapatkan daging berwarna coklat kehitaman, kamu dapat memanen buah asam jawa setelah berusia sembilan bulan sejak bunga mekar.

Di Indonesia sendiri, tanaman asam jawa banyak tumbuh di pulau Jawa dan kawasan dataran rendah lainnya. Tanaman ini umumnya dapat berbuah setelah berusia 8-12 tahun. 

Ciri-ciri buah asam siap panen yakni yang kulitnya berwarna coklat kusam. Selain itu, permukaan polongnya pun retak dan terdengar bunyi saat diguncang. 

Mengutip buku "Sehat Dengan Rempah dan Bumbu Dapur" oleh Made Astawan terbitan Kompas Penerbit Buku, berikut ulasan mengenai asam jawa yang perlu diketahui. 

Selain makanan, asam jawa pun dapat digunakan untuk membuat minuman segar, misalnya jamu kunyit asam atau gula asem. 

Bentuk buah asam jawa mirip seperti polong. Namun melengkuk dan memiliki panjang sekitar lima sampai 15 sentimeter. Selain itu, bobotnya pun tidak terlalu berat, hanya sekitar 15-20 gram. 

Baca juga: 6 Asam untuk Masakan Indonesia, Bukan Cuma Asam Jawa

Tanaman asam jawa ditemukan beradab-adab lalu di kawasan Madagaskar Afrika. Walau demikian, bangsa Indianlah yang pertama kali menggunakan asam jawa sebagai tanaman produktif. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: Resep Sayur Asem Terasi, Kuah Segarnya Bikin Nagih

Baca juga: Cara Simpan Asam Jawa agar Tidak Mudah Jamuran

Dalam buah tersebut terdapat biji yang dilapisi dengan daging berwarna coklat kehitaman dan lengket. Bagian inilah yang kerap digunakan untuk memberi rasa asam pada masakan.

asam jawa