Bakarat lucky six - Bakarat lucky six

Keunikan Pis「Sports platform betting」au Belati, Senjata Tradisional Papua

  • 时间:
  • 浏览:0

BSports platform bettiSports platform bettiSports platform bettingngngaca juga: Keunikan Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Sports platform bettingkarena bahan utama pembuatannya berbeda dengan senjata tradSports platform bettingisional pada umumnya, yakni dari tulang burung kasuari.

Posisinya bisa berada di bagian ujung gagang, tetapi ada pula yang dipasang di bagian samping. Untuk membuatnya semakin unik, pada gagangnya diberi anyaman kulit kayu yang sebelumnya telah dicat warna putih.

Keunikan lain dari pisau belati ini ialah adanya kerang sebagai hiasan senjata. Kerang tersebut terletak di bagian gagang senjatanya yang dipasang bersamaan bulu burung kasuari.

Namun, untuk saat ini pisau belati sering dikenakan sebagai pelengkap pakaian adat pria khas Papua. Cara memakainya adalah dengan dililitkan di sisi pinggang prianya.

Senjata tradisional ini diperkenalkan pertama kali oleh warga suku Asmat. Dipercaya jika dulunya senjata tersebut hanya digunakan untuk ritual pembunuhan saja.

Baca juga: Tombak dan Peda, Senjata Tradisional Sulawesi Utara

Walau terbuat dari tulang burung kasuari, senjata ini cukup tajam dan bisa mematikan musuh atau targetnya. Selain menggunakan tulang, bulu burung ini juga dimanfaatkan dan dipasang pada gagang pisau belatinya.

Menurut Rahmat M dalam Mengenal Senjata Tradisional (2010), pisau belati selain digunakan sebagai pelengkap pakaian adat, senjata tradisional ini juga dimanfaatkan untuk berburu hewan serta berperang.

Dalam Ensiklopedia Pelajar dan Umum (2010) karya Gamal Komandoko, pisau belati termasuk senjata tradisional yang memiliki keunikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

KOMPAS.com - Senjata tradisional ada, tumbuh dan berkembang bersamaan dengan nilai kebudayaan di suatu daerah. Setiap wilayah Indonesia memiliki senjata tradisionalnya masing-masing, termasuk Papua.

Pisau belati merupakan salah satu senjata tradisional khas Papua. Senjata ini digunakan untuk melindungi diri dari serangan musuh atau lainnya. Di balik hal itu, pisau belati khas Papua cukup populer dan dikenal, karena memiliki keunikan.